Essai Tentang FIKOM

INTRO UNITY 2017, Pemula OSJUR FIKOM

        Masa orientasi di bagi mahasiswa baru merupakan agenda wajib di setiap kampus di Indonesia. Masa orientasi di Berbagai kampus di Indonesia berbeda-beda. Mulai dari kegiatan pengenalan kampus, pengenalan UKM(Unit Kegiatan Mahasiswa), pembentukan formasi lambang universitas, dll.  Di setiap kampus di indonesia memiliki kekhasannya sendiri dalam menyambut mahasiswa baru.
        Tak lain halnya di Universitas dengan peminat terbanyak se-Indonesia, Universitas Padjajaran. Masa orientasi siswa Universitas Padjajaran telah dilaksanakan Agustus lalu. Acara orientasi berlangsung selama 3 hari. Mulai dari sambutan, pengenalan pengenalan jurusan yang ada di Universitas Padjajaran, pengenalan UKM, penampilan UKM UKM, dll. Selain ada OSPEK Universitas, Universitas Padjajaran juga mengadakan OSPEK Fakultas. Di setiap fakultas memiliki training yang berbeda beda guna untuk mendidik adik tingkat mereka lebih baik dan dapat beradaptasi dengan baik di setiap fakultas.
        Di Fakultas Ilmu Komunikasi juga telah diadakan OSPEK Fakultas, OSPEK fakultas di Fikom cukup ramai, dikarenakan tahun ini FIKOM menerima 800 lebih siswa. Rangkaian acaranya juga seru, mulai dari disambut dengan hangat, dibentak-bentak hingga hari terakhir yakni penutupan OSPEK Fakultas dengan Penampilan BAND-BAND dan perayaan malam seribu lilin. Tentunya acara penutupan OSPEK yang mencari dana untuk berlangsungnya acaranya yaitu Mahasiswa baru 2016. Tapi tak sia sia mereka mengumpulkan dana dan merancang strategi acara, acara yang di rencanakan berjalan lancar dan membuahkan hasil.
        Tak berhenti disitu saja, rangkaian orientasi mahasiswa baru FIKOM ada 3 rangkaian, OSPEK Universitas, OSPEK Fakultas, dan OSPEK Jurusan. Di FIKOM UNPAD ada 6 Prodi yakni Ilmu Komunikasi, Manajemen Komunikasi, Jurnalistik, Ilmu Perpustakan, Hubungan Masyarakat, dan Manajemen Produksi Media untuk D4. Dan nantinya setiap jurusan akan melakukan OSPEK Jurusan. Kini sudah ada kain panjang bewarna kuning, merah, dan ungu yang terpasang di jalan menuju gedung dua FIKOM. Itu artinya OSPEK Sudah dekat bagi Jurusan yang warnanya sudah terpasang, Kuning mewakili Ilmu Komunikasi, Merah Mewakili Hubungan Masyarakat, dan Ungu mewakili Manajemen Komunikasi. Dan artinya OSPEK sudah menjelang hari bagi jurusan yang sudah terpajang lambang warnanya. Selain HUMAS, ILKOM, dan MANKOM, Jurusan Jurnalistik memasang foto foto mahasiswa baru 2016 jalan penghubung gedung satu dan gedung dua dan diatasnya tertulis “DICARI”, hal tersebut juga menyirikan bahwa ke empat jurusan di atas sebentar lagi akan diadakan Orientasi bagi Mahasiswa Baru Per- Jurusan FIKOM.
        Dan yang pertama melakukan bagian dari OSJUR (OSPEK Jurusan) adalah Prodi Manajemen Komunikasi. Prodi Manajemen Komunikasi melakukan Kaderisasi, atau pengenalan awal tentang manajemen komunikasi, tentang visi misi, tentang pendekatan ke angkatan, dll.  OSJUR manajemen komunikasi sudah memasuki hari ketiga. Nama Acara untuk OSJUR Manejemen Komunikasi adalah “INTRO UNITY, Communication Management”  yang bertujuan untuk menyatukan angkatan dan kakak tingkat dan supaya mahasiswa lebih mengenal lagi tentang MANKOM, dll.
        Hari pertama para mahasiswa MANKOM diwajibkan memakai pakaian semi formal. Dan diwajibkan berkumpul di depan fotocopy gedung 4 pukul 15.30 wib.  Acara berjalan dengan normal,semua mahasiswa MANKOM berkumpul tepat waktu. Dan rangkaian acara pertama adalah pengenalan pengurus acara, kata sambutan dari ketua dan pembukaan resmi acara INTRO UNITY 2017.  Setelah pembukaan ada acara diskusi antara mentee(mahasiswa baru) dan mentor(kakak tingkat). Diskusi yang berdurasi 30 menit itu berbicara tentang , perkenalan dan menyebutkan alasan kita memilih manajemen komunikasi. Dalam satu kelompok terdiri dari 10 orang dan di setiap sepuluh orang ada dua mentor atau kakak kating yang bertanya dan berkenalan terlebih dahulu. 30 menit berjalan dengan lancar,setelah temu mentor dan mentee, acara selanjutnya adalah perkenalan staf dan bendahara. Tepat pukul 17.15 acara selesai dan mahasiswa mankom diperkenankan pulang,
        Hari kedua dilaksakan di jam yang sama dan tempat yang berbeda yakni pukul 15.30 di belakang gedung 4, kali ini dibagi berdasarkan NPM (Nomor Pokok Mahasiswa) dan dilaksankan di gedung 4 Fakultas Ilmu Komunikasi, berbeda dengan sesi hari sebelumya, hari kedua hanya sesi wawancara, sesi wawancara hanya berlangsung selama 10 menit persiswa. jadi terdapat 10 mentor dan 10 mentree di ruangan dan sesi wawancarapun berlangsung dengan lancar. wawancara berisi kita diperkenankan untuk menandatangi kesepakatan seperti jaket angkatan dan peraturan acara intro unity kedepannya. dan pukul 16.40 wawancara selesai dan siswa diperbolehkan untuk pulang.
        Hari ketiga mahasiswa baru manajemen komunikasi di wajibkan untuk membawa buku yang diberi sampul ungu dan berlogokan intro unity, beserta menuliskan biodata mahasiswa, acarapun berlangung dan kali ini berbeda karena ada mentor yang mencatat jika siswa tidak berpakaian lengkap dan mencatat yang datang terlambat. Para siswa memasuki ruang mustopo dengan rapi, kali ini acara yang disuguhkan adalah persentasi dari dosen manajemen komunikasi. Presentasi dari dosen manajemen komunikasi membahasa secara mendalam tentang manajemen komunikasi dan prospek kerja manajemen komunikasi. 1 jam dihabiskan untuk persentasi dan pengenalan para dosen. Tak berhenti di situ saja setelah persentasi selesai para dosen meninggalkan ruangan dan siswa yang tak di tulis namanya dipersilahkan meninggalkan ruangan. Sedangkan siswa yang namanya tertulis karena telat dan memakai aksesoris tidak lengkap diberi tugas tambahan.
            Tentunya tak selesai di sini saja,3 hari kebelakang lalu merupakan rangkaian pertama dari 20 rangkaian yang ada. rangkaian yang diadakan juga menarik perhatian mahasiswa sehinggga acara yang diadakan oleh panitia tidak membosankan. Dan berawalnya intro unity 2017 ini menjadi pacuan OSPEK JURUSAN lain agar mengadakan acara yang lebih menarik perhatian mahasiswa. Sehingga tidak membuat mahasiswa malas untuk datang ke acara OSPEK Jurusan.

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH MOTIVATION LETTER

Biografi Pengusaha Sukses

Sinopsis FIlm Single (Raditya Dika)