CONTOH MOTIVATION LETTER

Motivation Letter 

Sebagai mahasiswa manajemen komunikasi unpad, tentunya keahlian komunikasi perlu dikuasai oleh mahasiswa. Mahasiswa komunikasi tidak boleh hanya mengerti teorinya saja melainkan pengaplikasiannya. Dengan itu model pengaplikasian berkomunikasi salah satunya bisa di dapat jika saya turut aktif dalam organisasi seperti HIMA. Kenapa salah satunya HIMA karena , dengan menjadi HIMA MANKOM kemampuan berorganisasi dan berkomunikasi. Di antara semua divisi di HIMA MANKOM, divisi kewirausahaan adalah divisi yang paling saya minati, kenapa, karena saya ingin membunuh rasa malu saya dalam berjualan. Saya termasuk orang yang cenderung malu dalam berjualan, berbisnis, dll. Dengan itu saya ingin masuk di divisi kewirausahaan karena saya ingin menciptakan suatu brand makanan dan saya ingin mengetahui lebih dalam dalam marketing pemasaran, pengemasan yang baik, dll. 
Alasan utama ingin memilih divisi kewirausahaan adalah karena ingin mengembangkan potensi saya yang pernah ada. Dulu saya sangat suka sekali dengan berjualan, membuat produk, dan memasarkan produk, tetapi semenjak berada didunia kuliah hal tersebut berubah, saya jadi malu ketika berjualan dan maka dari itu saya memilih kewirausahaan. Dan saya berharap dapat mempelajari tips agar tidak malu ketika berjualan, dan mempelajari ketika pengemahan produk dan pemasaran di kewirausahaan. Nantinya jika perusahaan kami sukses kami berniat untuk memberdayakan masyarakat sekitar jatinangor dan membuat café sendiri di daerah jatinangor. Kenapa di Jatinangor, karena di jatinangor kita merinci usaha ini, dan di sini pula kita didewasakan, sehingga ini adalah wujud dimana jatinangor adalah yang membesarkan usaha yang nantinya kami rinci. Selain di jatinangor kita akan membuat cabang di daerah jawa barat, seperti bandung, bogor, sukabumi, indramayu, dll. Nantinya kita akan focus ke jatinangor dulu baru keluar kota atau bahkan keluar provinsi. Saya ingin membuat negara indonesia maju dengan menambah wirausahawan di indonesia. Kini jumlah wirausahawan di indonesia hanya 1,5% dari 250 juta penduduk indonesia. Sangat sedikit memang jika dibandingkan dengan singapura, atau negara tetangga lainnya. Dengan itu saya ingin menambah jumlah wirausahawan dimulai dari diri saya dulu, kemudian mengajak orang lain. Sehingga manfaatnya akan terus mengalir.  
 Waktu SMA saya sering mengikuti lomba- lomba dan beberapa organisasi. Saya mengikuti lomba story telling, bussines plan, debate dan speech contest. Dari lomba lomba diatas saya meraih juara 1 story telling tingkat jawa barat, juara 3 debate contest, juara 2 bussines plan se kabupaten. Dan pada tahun 2013-2015 menjadi anggota divisi kewirausahaan OASE( Organisasi Akademika SMART Ekselensia Indonesia). 2015-2016 menjadi ketua divisi soshum OASE. Selain kegiatan diatas saya menjadi ketua English Club 2016. Selain ikut acara formal saya juga mengikuti acara tidak formal seperti Story Sharing team, Berjualan Rainbow Jelly( Karya Sendiri), berjualan donat duu( karya sendiri), PISCOK(pisang coklat) dll.  saya berjualan ketika hari libur sekolah yakni sabtu dan minngu biasanya waktu untuk memproduksi makannya saya membuatnya di hari jumat malam dan saya jual di pagi harinya yakni sabtu. Dulu keuntungan per bijinya hanya 500 rupiah dan dalam sehari hanya bisa mendapat keuntuntungan sebesar 10-12 ribu rupiah, tetapi dengan itu saya merasa senang dan termotifasi untuk membuat suatu perusahaan atau suatu company yang sukses. 
Bakat yang mendukung adalah saya bisa ber story telling, jiwa leadership, dan sekarang saya sedang merumuskan brand yang akan di produksi dan di jual bersama 4 teman saya. Dan saya menjadi ketua dan founder dalam bisnis kecil kecilan tersebut. Dan saya juga memahami di bidang fotografi, prinsip hidup saya adalah "smile is the simple way to enjoying life" dan saya ingin melihat orang lain tersenyum. Dengan itu saya ingin membuat orang lain tersenyum karena saya. Saya memiliki bakat dalam memakan makanan. Itulah yang membuat badan saya besar. Bukan hanya makan, saya juga bisa memasak, sehingga bakat saya mendukung kemampuan saya. Maka dari itu saya ingin merinci usaha di bidang kuliner yang akan disajikan secara unik.      
Kedepannya jika saya diterima di divisi kewirausahaan saya akan mengembangkan usaha yang saya buat bersama rekan rekan saya. Saya ingin menjadi anggota yang aktif di divisi kewirausahaan bukan hanya untuk usaha saya tapi saya juga ingin membantu teman teman yang lain yang ingin merinci usahanya dengan konsultasi dan membantu pemasaran serta menerapkan teori teori yang telah di ajarkan di pelajaran dan di divisi kewirausahaan. Kenapa saya memilih kewirausahaan, karena di kewirausahaan saya ingin menemukan kesuksesan saya, saya ingin membuat suatu lapangan pekerjaan di masa depan, dan langkah pertama di mulai dari mengikuti divisi ini, kenapa karena dika di kampus sayamemperoleh teori saja di divisi ini saya dapat mengaplikasikannya, di divisi ini saya dapat mewujudkan  mimpi saya, saya ingin membangun usaha saya bersama teman teman saya. Saya ingin memulai dari awal ber usaha bersama teman teman saya.  
 Oleh karena itu melakukan yang terbaik untuk memenuhi harapan saya ini adalah dengan apa yang saya rencanakan atau lakukan, jika saya diberi kepercayaan untuk bergabung sebagai bagian dari HIMA divisi Kewirausahaan. Saya juga akan menunjukkan Dedikasi saya baik itu, keterampilan dan kompetensi saya dengan bekerja secara optimal serta mengembangkan Kompetensi saya di bidang yang saya geluti di dalam HIMA. Saya percaya bahwa saya akan bisa melakukan yang lebih baik jika saya dilatih dan dikembangkan dalam hal berorganisasi di dalam naungan HIMA divisi Kewirausahaan.

Comments

Popular posts from this blog

Biografi Pengusaha Sukses

Sinopsis FIlm Single (Raditya Dika)