Nokia, dari Bubur Kayu sampai Windows Phone



Tak ada yang menyangka, Nokia yang kini kita kenal sebagai salah satu merek handphone yang telah merabah dunia internasional, ternyata mengalami berbagai metamorfosis yang amat sangat tak memungkinkan.
143 tahun lalu tepatnya 1871 Nokia didirikan di daerah selatan Finlandia oleh seorang insinyur bernama Fredrik Idestam sebagai pabrik bubur kayu yang memproduksi kertas. Kemudian Nokia beralih memproduksi karet, kabel, serta peralatan eletronik, melalui berbagai proses merger dan akuisisi yang dilakukannya.
Pada tahun 1963,dalam upaya pertama memasuki pasar telekomunikasi, Nokia memproduksi telepon radio yang biasa digunakan oleh tentara serta untuk panggilan darurat. Inilah langkah awal yang mengubah sejarah Nokia. Tahun demi tahun nokia mulai percaya diri karena produknya mengalami peningkatan yang memuncak. Karena produk elektronik pertama yang menginspirasi membuat nokia mengeluarkan berbagai terobosan-terobosan baru yang dirilis pada tahun 1982. Nokia memperkenalkan telepon mobile pertama yang diberi nama Mobira Senator. Dua tahun kemudian, diperkenalkan telepon mobile portabel Mobira Talkman.
Produk -produk nokia mulai mendunia termasuk Indonesia, produk nokia lainya mulai bermunculan seperti ponsel 3G pertama melalui seri 1011 yang diambil dari waktu peluncurannya (10 November) dengan desain candybar yang memiliki bobot setengah kilogram. Nokia memperkenalkan ponsel seri 2110 yang merupakan ponsel pertama yang menggunakan ringtone yang dibuat oleh komedian dan jurnalis asal Inggris.
Nokia merilis ponsel seri 3210 yang tercatat sebagai ponsel paling populer dan tersukses pada saat itu dengan penjualan sebanyak 160 juta unit. Pada tahun berikutnya, hadir ponsel penerusnya yaitu seri 3310 yang juga terbilang sukses di pasaran. Tak kalah lagi Merek Telekomunikasi terbesar di masa itu pun pada tahun 2005 memperkenalkan smartphone seri N70, N90, dan N91 yang memungkinkan pengguna mendengarkan musik, mengambil foto, bermain game, dan mengakses internet dalam sebuah ponsel. Pada tahun ini, Nokia juga merayakan keberhasilannya menjual ponsel sebanyak satu miliar unit dari seluruh dunia.


Pada tahun Nokia dinobatkan sebagai salah satu dari lima brand terkemuka di dunia, Tahun ini, Apple mulai merambah pasar smartphone dengan menghadirkan iPhone yang mulai mengancam dominasi Nokia. Hingga pada tahun Nokia mengumumkan kerugian pertama sepanjang sejarah Nokia pada kuartal pertama. Hal ini terjadi satu tahun berselang sejak HTC merilis HTC Dream, ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi Android.
Berjuang mempertahankan eksistensinya melawan gempuran iPhone dan perangkat Android dengan menunjuk Stephen Elop, mantan eksekutif Microsoft, untuk menjadi kepala eksekutif Nokia. Elop mengumumkan kemitraan strategis dengan Microsoft. Nokia akan menggunakan sistem operasi Windows Phone pada lini smartphone-nya dan tidak lagi memakai Symbian. Model perdananya adalah Nokia Lumia 800, produk Windows Phone di kelas high-end. Produk itu menarik perhatian banyak orang dan telah terjual 1,3 milyar produk seluruh dunia.
Tahun 2012 Samsung mengambil alih posisi Nokia sebagai produsen ponsel terbesar di dunia. Nokia mengumumkan kerugian dan berencana akan memotong 10 ribu pekerja pada divisi mobile-nya yang berada di Hungaria, Meksiko, dan Finlandia secara bertahap hingga akhir tahun 2013. Di tahun yang sama Nokia memperkenalkan Lumia 920 yang ditunjuk sebagai flagship untuk Windows Phone 8. Nokia mengapalkan Lumia 920 sebanyak 4,4 juta unit pada kuartal keempat 2012, berselisih jauh dengan Apple yang berhasil mengapalkan iPhone sebanyak 47,8 juta unit pada kuartal yang sama.
Tak mau kalah dengan samsung, Nokia memperkenalkan Lumia 1020, smartphone high-end berbasis Windows Phone 8 yang dibekali dengan kamera 41 MP yang diklaim bisa menghasilkan ketajaman gambar layaknya kamera digital. Microsoft mengakuisisi Nokia pada tanggal 3 September 2013 sebesar 5 miliar dolar AS untuk unit bisnis perangkat dan layanan bisnis. Untuk lisensi paten Nokia, Microsoft merogoh kocek sebesar 2,2 miliar dolar AS. Pada masa depan, Nokia hanya akan mengoperasikan bisnis infrastruktur jaringan, platform pemetaan mobile Here, dan pengembangan paten/teknologi baru
Pada tahun 2014, Microsoft meresmikan akuisisi terhadap Nokia Devices and Services, sekaligus mengubah namanya menjadi Microsoft Mobile. Stephen Elop yang sebelumnya menjabat sebagai President dan CEO Nokia Corporation, kini melanjutkan tugasnya selaku Executive Vice President dari Microsoft Devices Group. Elop bertugas mengawasi pengembangan bisnis perangkat yang mencakup smartphone dan tablet Lumia, ponsel Nokia, Xbox, Surface, serta aksesoris dan produk-produk Perceptive Pixel (PPI). Sebagai bagian dari transaksi tersebut, Microsoft menerima garansi pelanggan Nokia untuk semua perangkat yang ada saat ini.

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH MOTIVATION LETTER

Biografi Pengusaha Sukses

Sinopsis FIlm Single (Raditya Dika)